E-Sport Mobile legend menjadi penutup classmeeting SMPK Ronggolawe Tuban

17 Desember, 2024

Oleh: Nisa Nagari

Kegiatan Classmeeting SMPK Ronggolawe Tuban: Turnamen Mobile Legends oleh Siswa

Tuban, 17 Desember 2024 – Kegiatan classmeeting yang diadakan oleh SMPK Ronggolawe Tuban tahun ini berlangsung sangat meriah, salah satunya dengan adanya turnamen Mobile Legends yang melibatkan para siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan hiburan sekaligus mengasah keterampilan para siswa di bidang e-sport, khususnya dalam permainan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), yang sangat populer di kalangan pelajar.

1. Latar Belakang Kegiatan

Classmeeting atau pertemuan kelas merupakan agenda tahunan yang digelar di sekolah-sekolah Indonesia setelah ujian akhir semester. Selain menjadi ajang untuk istirahat sejenak dari kegiatan belajar, classmeeting juga berfungsi sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam berbagai bidang, seperti olahraga, seni, maupun e-sport. SMPK Ronggolawe Tuban memilih untuk mengadakan turnamen Mobile Legends karena melihat banyaknya antusiasme siswa terhadap permainan ini, serta untuk mendukung perkembangan hobi mereka dalam dunia digital yang semakin berkembang pesat.

2. Turnamen Mobile Legends

Turnamen Mobile Legends yang digelar pada tanggal  17 Desember 2024 diikuti oleh hampir seluruh kelas yang ada di SMPK Ronggolawe Tuban. Setiap kelas membentuk tim yang terdiri dari lima pemain. Kompetisi ini dibuka dengan pertandingan seru antara kelas 8A dan 9B yang langsung menarik perhatian seluruh siswa yang hadir sebagai penonton.

Format Pertandingan:

  • Tim: Setiap kelas menurunkan satu tim beranggotakan lima pemain.
  • Mode Permainan: Pertandingan dilakukan dengan format best-of-three, yang artinya tim yang memenangkan dua dari tiga pertandingan berhak melaju ke babak berikutnya.
  • Hadiah: Tim juara pertama mendapatkan tropi dan sertifikat, serta hadiah menarik lainnya sebagai apresiasi terhadap semangat dan kreativitas mereka.

3. Antusiasme Siswa

Tidak hanya pemain yang terlibat dalam turnamen ini, tetapi seluruh siswa SMPK Ronggolawe Tuban juga sangat antusias mendukung tim-tim yang mereka pilih. Para pendukung membuat suasana semakin meriah dengan memberikan yel-yel semangat dan dukungan kepada tim mereka melalui teriakan, sorak-sorai, dan bahkan membawa spanduk untuk memberikan semangat lebih kepada para pemain.

"Turnamen Mobile Legends ini sangat seru! Selain bisa bermain game, kita juga bisa belajar kerja sama tim dan strategi. Kegiatan seperti ini juga menyenangkan karena bisa menunjukkan kemampuan kita di bidang e-sport," ujar Rendy, salah satu siswa kelas 9 yang menjadi pemain dalam turnamen tersebut.

4. Pentingnya Kegiatan E-sport di Sekolah

Kegiatan e-sport seperti turnamen Mobile Legends ini memiliki banyak manfaat, terutama dalam mengajarkan siswa tentang pentingnya kerjasama tim, pengambilan keputusan cepat, dan sportivitas. Meskipun Mobile Legends adalah permainan berbasis digital, banyak keterampilan positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti komunikasi, strategi, dan fokus.

Menurut kepala sekolah SMPK Ronggolawe Tuban, Bapak Vinansius, "Turnamen seperti ini merupakan salah satu cara bagi kami untuk mengembangkan minat siswa dalam bidang yang mereka sukai. Kami juga ingin menunjukkan bahwa e-sport bukan hanya soal bermain, tetapi juga dapat mengasah keterampilan penting yang dapat digunakan dalam kehidupan mereka kelak."

5. Keberhasilan dan Harapan

Turnamen Mobile Legends di SMPK Ronggolawe Tuban dapat dianggap sukses karena tidak hanya menyajikan kompetisi yang seru, tetapi juga mempererat hubungan antar siswa dari berbagai kelas. Banyak siswa yang menunjukkan bakat terpendam dalam dunia gaming dan menginspirasi teman-teman mereka untuk lebih serius dalam mengembangkan hobi ini.

Melihat antusiasme yang tinggi, pihak sekolah berencana untuk menjadikan turnamen e-sport sebagai kegiatan rutin di setiap classmeeting yang akan datang. "Kami berharap ke depannya lebih banyak siswa yang dapat mengembangkan bakat mereka, tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga di dunia digital, termasuk e-sport," tambah Bapak Vinan.

6. Penutupan dan Penghargaan

Kegiatan classmeeting ini ditutup dengan pengumuman pemenang turnamen Mobile Legends yang dimenangkan oleh tim dari kelas 9A. Tim juara tidak hanya mendapatkan hadiah, tetapi juga apresiasi khusus atas kerja keras dan strategi luar biasa yang mereka tunjukkan sepanjang pertandingan. Meskipun begitu, semua peserta turnamen diharapkan untuk terus mengasah kemampuan mereka dengan bijak, dengan tetap memprioritaskan pendidikan dan nilai-nilai positif dalam bermain.

Kesimpulan: Kegiatan classmeeting tahun ini di SMPK Ronggolawe Tuban, khususnya turnamen Mobile Legends, telah sukses menciptakan suasana yang meriah dan penuh semangat. Selain sebagai ajang hiburan, turnamen ini juga memberikan banyak pelajaran berharga bagi para siswa dalam hal kerja sama, sportivitas, dan pengelolaan waktu. Ke depan, kegiatan serupa diharapkan dapat terus berkembang dan semakin melibatkan lebih banyak siswa dalam berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik.